Pentingnya Minum Air Putih

Hai! Kamu suka minum air putih, doong? Kalau ya, selamat! Pilihan kamu itu benar. ;-) Air putih memang sangat bermanfaat, terutama sebagai anti dehidrasi. Dan faktanya, kita berolahraga atau ngga, melakukan aktivitas yang bikin berkeringat atau tidak, tubuh kita tetap butuh air untuk proses metabolisme.

Apa saja khasiatnya? Air putih menjaga ginjal tetap sehat. Itu sudah sering kita dengar, ya. Di kantor, ketika kerja kita banyak duduk dan minuman yang tersedia di meja kita secangkir kopi, biasanya sih, kita bakalan ditegur oleh rekan kerja untuk ngga lupa minum air putih. Berterimakasihlah pada yang mengingatkan. :-) Kecuali kalau kita hanya bekerja sendiri, seperti yang kerjanya freelance dari rumah

Tidak minum air putih dalam jumlah cukup selama berhari hari akan bikin pinggang sakit lantaran ginjal mulai protes, karena kebutuhannya ngga terpenuhi. Seperti yang sempat saya alami beberapa waktu lalu, karena waktu itu sengaja ngga minum banyak. Waktu itu toilet di tempat kerja lagi rusak. Tapi puji Tuhan, sih, sekarang sudah normal, termasuk saya sudah ngga sakit lagi setelah rajin minum yang sehat.

Lalu? Air putih juga membantu melancarkan proses diet, lho! Saya sendiri sih, memang ngga lagi ingin menurunkan berat badan. Namun bagi kalian yang sedang dalam program menurunkan berat badan, daripada ngopi atau ngeteh manis, lebih baik perbanyak air putih, deh. Atau, jika bosan air putih, makanlah buah. Irisan apel atau mentimun yang dimasukkan ke gelas air putih juga ok banget untuk mengubah rasa.

Manfaat lainnya? Masih banyak! Air membantu kita mengatur suhu tubuh juga. Saat gerah, kepanasan, minum segelas air dingin pastinya menyegarkan. Kecuali yang dimaksud adalah panas karena demam atau karena panas dalam, air putih suhu ruangan dan perasan jeruk nipis lebih membantu.

Img source: here.
Perasan jeruk lemon yang ditambahkan ke dalam air putih hangat akan membuat air memiliki kadar PH (potential hydrogen) sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Kadar PH ideal yaitu 7,35 - 7,45. Waktu ideal meminumnya adalah pagi hari, sebelum makan dan minum apapun. Nah.. ini akan sangat membantu kita mendetoks racun. Iya, mendetoks racun dan menyegarkan liver. Kita sering kan, kebingungan memilih makanan enak yang memang sehat juga? Bingung mau makan apa, ujung-ujungnya mie instan. Jalan ke mal, banyak makanan enak dengan ambience yang lumayan cozy buat ngobrol atau duduk tenang, tapi ngga bisa dijamin kandungan vetsinnya. ;-)

Apa benar harus 8 gelas per hari? Gelas ukuran apa? Atau, berapa ml tepatnya, ya? Hm.. Kalau menurut pengalaman saya sih, 8 gelas itu minimal, ya. Dan, kalau kita minum jus (tanpa gula dan tambahan lain), itu sudah memanfaatkan sedikit air.

Yang pasti, saya selalu memilih air putih (yang kemasan atau yang masak sendiri) setiap kali haus, ngantuk (kopi justru rasanya ngga ngaruh deh), kepanasan, dan saat hendak tidur. Pagi hari waktu baru bangun tidur, air putih dengan perasan jeruk nipis atau lemon. No carbonated water.

Bukan berarti anti. Cuma memang saya jarang sekali kepingin minuman bersoda. :-)) Kalau toh kepingin minum cola, atau beer, siang adalah waktu paling aman. Karena sebelumnya kondisi pencernaan terutama, bisa dipastikan aman terlebih dulu sebelum mengonsumsinya. Dan sesudahnya tentu akan ada kesempatan 'menetralisir' kondisi pencernaan kembali dengan air putih. Kopi? Karena saya masih suka ngopi, cukup secangkir sehari, deh. Itupun, kalau bisa gulanya dikurangi sedikit. (hehe.. sepertinya untuk kopi sudah waktunya saya mulai mengurangi, ya. Demi kesehatan jangka panjang)

Well, kita minum air 8 gelas sehari bukan berarti meminumnya sekaligus juga, kan? Karena agak sulit untuk konsisten mengingat sudah berapa gelas, cara yang saya lakukan adalah rajin-rajinlah minum air putih; sebelum dan sesudah melakukan apapun.

Mau pergi ke manapun, bawa dan manfaatkanlah air putih dalam tumbler. Lumayan, buat mengurangi pengeluaran. Atau kalau lupa bawa, beli saja air mineral kemasan sekali pakai dari toko terdekat. Begitu tentunya jauh lebih mudah, kan? No big effort. Jadi, jangan sampai sakit. :-)

Comments

  1. Minum air putih sangat penting untuk kesehatan khususnya ginjal

    ReplyDelete

Post a Comment


Mau ninggalin jejak tapi ngga punya akun gmail?
Bisa, koq. Pada bagian Comment as silakan pilih Name/URL dan masukkan datamu.

Belum punya URL blog?
Silakan masukan saja URL socmed kamu. Beres.

All comments are in moderation.
Terima-kasih! :)

Popular posts from this blog

Cara Membuat Blog SEO Friendly

[Parenting] Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Sapi dan Bagaimana Menyikapinya

Review Film: LION