4 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Berolahraga Lari

Lari. Siapa sih yang tidak kenal dengan olahraga yang satu ini? Olahraga lari memang sangat murah dan praktis. Siapa pun bisa melakukannya ketika memiliki waktu senggang. Meskipun mudah, bukan berarti kita boleh sembarangan saat berlari lho. Sebab perilaku sembarangan saat berlari dapat menyebabkan cidera.

Menurut saya sih, setidaknya 4 kesalahan ini yang paling sering terjadi ketika kita berolahraga lari. Yuk simak dulu ulasannya!

Tidak Melakukan Pemanasan

Nah, kesalahan yang satu ini mungkin pernah dilakukan oleh hampir semua orang. Keinginan yang kuat untuk langsung mulai berlari kerap membuat kita lupa untuk melakukan pemanasan. Padahal pemanasan sangat penting untuk membuat otot dan sendi menjadi rileks.

Jika otot dan sendi masih berada dalam kondisi kaku ketika kita mulai berlari, maka kemungkinan besar kita dapat mengalami kram, terkilir atau cidera yang lebih parah lagi.

Lupa Minum Air Dalam Jumlah yang Cukup
Meminum banyak air usai berolahraga rupanya bisa membuat metabolisme tubuh jadi terbebani. Solusinya, kita harus mengonsumsi air dalam jumlah yang seimbang sebelum, saat, dan sesudah berlari. Sebelum berlari, tubuh tetap membutuhkan air yang cukup meskipun kita merasa tidak haus. Selanjutnya, setiap setengah jam berlari kita juga harus mengonsumsi air dengan jumlah sedang secara bertahap.

Tidak Mempersiapkan Perlengkapan Olahraga Lari
Memangnya olahraga lari butuh perlengkapan?

Tentu saja butuh. Meski perlengkapannya tidak serumit olahraga lain, minimal kita menggunakan pakaian dan sepatu olahraga yang tepat. Model sepatu olahraga wanita memang bervariasi. Inilah yang menyebabkan wanita sering kebingungan memilih sepatu olahraga yang terbaik.

Pilihan sepatu olahraga berkualitas untuk wanita tersedia secara lengkap di MatahariMall. Kita hanya perlu mengakses situsnya untuk melihat spesifikasi setiap jenis sepatu olahraga, maka sepatu olahraga untuk aktivitas berlari pun bisa kita dapatkan secara praktis.

Terlalu Memaksakan Diri
Kita tidak perlu memaksakan diri jika memang sebelumnya tidak terbiasa berlari. Cobalah untuk berlari secara perlahan-lahan dengan durasi yang singkat, misalnya sekitar 30 menit. Jika kita tekun melakukan aktivitas berlari, maka kita bisa menambah durasi dan intensitas olahraga lari secara bertahap. Memaksakan diri saat baru pertama kali berlari hanya akan membuat fisik kita kelelahan dan mungkin bisa jatuh sakit.

Mulai besok, yuk cobalah menyisihkan waktu untuk melakukan aktivitas lari. Lari di pagi atau sore hari tentu tidak jadi masalah asalkan tubuh makin bugar dan bersemangat. :-)

Comments

  1. Lari pagi padahal olahraga yang paling hemat dan gampang, tapi ya itulaah malesnya tingkat dewa banget :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai pas liburan aja, Mbak. Bayangin, it is fun! Yakin, deh. ;-)

      Delete
  2. Mimin mau lari sore aja deh, biar sekalian cape hehe. Oh ya, jangan lupa ikutan lomba blog yang sebentar lagi akan kami adakan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiik.. Yuk Min, kalo cuacanya bagus enak banget, tuh. hehehe...

      Delete
  3. iya bener bgt harus pake pemanasan, pernah ikutan lari 5 km tanpa pemanasan, tulang rasanya rentek semua, kaki juga langsung kram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Selvy.. Tapi keren lho Mba, kalo sampai 5 km. Di luar kekeliruan tadi ketahanan n stok tenaga Mba OK juga :)

      Delete
  4. iyup, yg paling sering itu kalau aku nggak pakek pemanasan dulu, langsung cabut, larriiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan-jangan Mba Inda pemanasannya belakangan? Pake balsem apa koyo, Mba? Wkwkwk.. :))

      Delete
  5. sip, tapi sekarang aku lebih ke jalan kaki

    ReplyDelete
  6. Kalo olahraga lari, udah lama banget nggak aku lakuin lagi. Kalo niat olahraga bareng teman juga jadinya malah jalan santai.

    ReplyDelete
  7. Jadi kalau sedang lari, perlu abwa minum juga ya, Mbak. Hihiii yok ach olahraga

    ReplyDelete
  8. Terima kasih infonya mba, memang kalau lagi datang semangat olahraga kadang suka maksain padahal gak bagus ya.. hihii

    ReplyDelete
  9. Poin 1 dan 2 itu penting banget. Pemanasan membuat tubuh lebih siap saat berolahraga, begitu juga minum air sebelumnya menjaga tubuh dari dehidrasi
    Yuk semangay olahraga

    ReplyDelete

Post a Comment


Mau ninggalin jejak tapi ngga punya akun gmail?
Bisa, koq. Pada bagian Comment as silakan pilih Name/URL dan masukkan datamu.

Belum punya URL blog?
Silakan masukan saja URL socmed kamu. Beres.

All comments are in moderation.
Terima-kasih! :)

Popular posts from this blog

Cara Membuat Blog SEO Friendly

[Parenting] Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Sapi dan Bagaimana Menyikapinya

Review Film: LION