Merawat Kaos Kaki dan Stocking Supaya Awet Sebenarnya Mudah Saja

modsock.com
Hai! Kalian masih suka pakai kaos kaki juga? It's OK banget, koq. Jaman sekarang memang kaos kaki selain kebutuhan fashion juga merupakan keperluan utama, terutama buat yang aktivitasnya banyak di luar rumah, sementara takut kulit belang. Nah, untuk itu, biar kaos kaki kita awet, ada cara merawat kaos kaki yang jangan sampai kita lupakan.

Memang, buat yang sekadar butuh, ada yang menganggap kaos kaki itu sepele, harganya murah karena milihnya memang yang kebetulan harga murah. Tapi sebenarnya, mau harganya murah atau mahal, memang sebaiknya dirawat dong, supaya jangan cepat-cepat rusak. Ya, kan asyik kalau kita memperlakukan kaos kaki seperti barang kesayangan lain. Buat memakainya juga happy. (eh, jangan salah, lho. Kalau dari hal-hal kecil aja kita udah antusias dan positif, biasanya buat seterusnya kita jadi semangat. Dan biasanya lebih mudah mengalahkan emosi-emosi negatif seperti malas, asal-asalan karena kurang semangat. Setuju, ngga, sih?)

1.
OK. Balik lagi, jadi merawat kaos kaki itu kita mulai dari cara mencucinya. Yang benar adalah cukup direndam selama sejam dalam detergent, kemudian dikucek dengan tangan.

Kesalahan yang sering terjadi, masih banyak yang mencuci kaos kaki dengan sikat, padahal dengan begitu bahannya nanti lebih cepat berbulu dan benangnya lebih cepat rusak. Mencuci dengan mesin juga tidak disarankan, karena dikhawatirkan karetnya cepat sekali melar.

2.
Setelah dicuci tentu saja dijemur di bawah sinar matahari, ya. Nah, cara yang benar, sangat disarankan dengan cara dijembreng, alias ditebar di bidang datar. Simply, bukan digantung di tali.

Memang, ada saja kendala, misalnya tidak ada tempat. Padahal tidak menggantung kaos kaki yang masih banyak mengandung air justru mencegah bahannya yang elastis jadi cepat melar. Apalagi yang bahannya sangat elastis, seperti kaos kaki perempuan, termasuk kaos kaki selutut dan stocking yang menyatu dengan celana (yang biasa untuk dancer). Sedikit berbeda dengan kaos kaki laki-laki yang tebal dan rajutannya cukup kuat.

3.
Lalu, setelah kering, menyimpannya tidak perlu digulung-gulung sampai seperti bola, ya. Pernah lihat kan, yang kayak gitu? Tidak perlu diseterika juga, karena panasnya setrika mempercepat melar. Termasuk tidak dengan diikatkan kuat-kuat seperti tali, karena takut terpisah dari pasangannya. Hehe..

Nah, lebih baik segera disimpul dengan lembut saja. Jadi nanti ngga pakai nyari-nyari pasangannya lagi. Gitu, kan? Hehe.. Terkadang ada sih, yang kurang menyadari, jadi kaos kaki itu diperlakukan seperti bahan pakaian lain. :D

4.
Nah, terakhir tentu bagaimana menggunakan kaos kaki dengan benar? Jadi cara pakainya, begitu ujung kaki masuk, sedikit-sedikitlah 'digeser'. Jadi kain dan karet kaos kaki bakalan awet terawat. :)

Jangan sekali memasukkan kaki kemudian langsung los ditarik. Apalagi untuk kaos yang masih baru yang karetnya masih bagus, masih kuat. Sayang, atuh! :) Apalagi kalau yang pakai anak-anak, buru-buru berangkat sekolah. Atau bapak-bapak yang buru-buru ngantor? :D

Nah, gimana? Bayangkan saja kaos kaki itu, apalagi yang masih tampak baru adalah benda kesayangan kita. Terlebih lagi untuk kaos kaki yang warna dan desain gambarnya lucu-lucu.

Buat anak sekolah warna harus putih polos? Karena peraturan sekolah? Ubah saja jadi peraturanmu sendiri. Bahwa kaos kaki yang mulai dekil harus segera direndam di detergent. Kalau perlu pakai pemutih sesudahnya. Bisa kan, melakukannya? Tentu perlu dibiasakan dulu, ya.

sockpanda.com

Comments

  1. udah lama gak pake kaos kaki, stocking masih suka pake sih... Dan iya ya, baru terpikir kl sebaiknya tidak usah diseterika

    ReplyDelete
  2. Waah salah yaa,, aku selalu digulung selama ini bunder bunder gitu,, oke mom thanks ya infonyaa.. nice sharing. Main juga yu ke kesini http://www.mustikajuly.com/2017/05/kreasi-hijab-cantik.html?m=1 terimakasih ya 🙏

    ReplyDelete

Post a Comment


Mau ninggalin jejak tapi ngga punya akun gmail?
Bisa, koq. Pada bagian Comment as silakan pilih Name/URL dan masukkan datamu.

Belum punya URL blog?
Silakan masukan saja URL socmed kamu. Beres.

All comments are in moderation.
Terima-kasih! :)

Popular posts from this blog

Cara Membuat Blog SEO Friendly

[Parenting] Ciri-ciri Bayi Alergi Susu Sapi dan Bagaimana Menyikapinya

Review Film: LION