Cara Membuat Blog SEO Friendly

Menulis blog memang sudah bukan hal yang aneh lagi. Bahkan menyenangkan bagi yang hobi menuangkan ide. Namun agar manfaat blog bisa dijangkau oleh orang yang tepat, kita perlu menerapkan cara membuat blog SEO friendly. Agree?
Hai! Masih ingat postingan saya yang lalu, tentang alergi susu sapi pada anak? Nah, setelah menyerap penjelasan materi tersebut dari DSA (Dokter Spesialis Anak), saya dan teman-teman Blogger Cihuy juga disuguhi ilmu, materi SEO writing yang disampaikan oleh Pak Parjono Sudiono. Postingan mengenai SEO ini sengaja saya buat di sini, terpisah dari post sebelumnya. :)

Waktu diundang untuk hadir, saya langsung merespon: Wah, OK banget nih, materinya! Meskipun saya sudah tahu sedikit mengenai SEO dari buku-buku yang dijual di Gramed, saya tetap saja penasaran karena narasumber di acara ini adalah praktisi SEO sendiri. Yup, Bpk Parjono Sudiono adalah praktisi digital marketing dengan pengalaman sudah 10 tahun. Sekarang beliau adalah Head of Digital Zenith Optimedia and Performics Indonesia.

Saya membayangkan, ide penting ini penting pastinya bermanfaat banget buat bisnis online saya. Meskipun masih kecil-kecilan saya juga ingin merasakan usaha saya bertumbuh. :) #Curhat

Blogger Challenge?

Kalau buat curhat-curhat yang ngga mengejar view atau comment sih, kita memang ngga perlu repot, ya. Sekarang, meskipun bukan professional blogger, tetap saja banyak blogger yang merasa kunjungan dan comment blog itu suatu yang berarti buat aktivitas ngeblog. Apalagi jika kunjungan tersebut datang dari orang yang tepat.

Fyi, 90% internet users itu mencari informasi tentang apa saja yang sedang menjadi pertanyaannya, melalui search engine Google. Termasuk kitalah! Sering nggak, kita mengetik di search bar Google: 'Cara membuat susu tempe'? Atau bagi mamah muda yang bermasalah dengan baby feeding: 'Ciri-ciri alergi susu pada bayi'? Pastinya ada ajalah, ya.. :D

Padahal, di lain pihak, blogger banyak yang diam-diam mengeluh kenapa blognya ngga masuk halaman pertama Google. Penyebabnya apa, coba?

1. Website / blog tidak terindex oleh mesin pencari
2. Trafik blog rendah
3. Tidak ada keyword utama yang diprioritaskan
4. Blog tidak teroptimasi dengan baik

OK. Kesimpulannya, mempelajari SEO berarti kita menyiapkan strategi supaya blog kita masuk di HALAMAN PERTAMA GOOGLE.

Kalau di antara teman-teman blogger ada yang ingin penjabaran lebih detail mengenai 4 Pilar SEO yang perlu diketahui blogger, silakan simak penjabaran yang berikut ini. 4 Pilar SEO adalah:
  1. Index / indexing
  2. Membantu memberikan informasi yang tepat ke mesin pencari
  3. Content
  4. Terdiri dari keywords, meta optimation, artikel dan analisa konten, dengan tujuan agar konsumen memperoleh konten yang mereka butuhkan.
  5. Authority
  6. Menjadikan blog kita dipercaya menjadi referensi, dengan cara: posting ke media sosial, meletakkan external link, dan yang pasti social listening.
  7. Experience
  8. Didapat dari interaksi dan engagement yang tinggi. Jadi blogger memang perlu interaktif, melibatkan pembaca dalam postingan. Dengan demikian otomatis akan mempengaruhi rank data.
Search engine akan semakin mudah mengindeks halaman postingan kalau kita menulis alamat postingan kita dengan pemenggalan kata yang jelas.

Contohnya ini: http://www.murnirosa.info/2017/06/ciri-ciri-bayi-alergi-susu-sapi.html

Jadi, saya membuat URL itu tidak menggunakan link otomatis dari blogspot. Sebelum mem-publish saya merasa perlu mengedit. Kita perlu membuat URL menjadi unik dan minimal tidak kepanjangan agar tidak dipenggal oleh blog engine (Blogspot, Wordpress atau lainnya). Unik itu yang gimana, ya? Unik yang dimaksud adalah unik bagi search engine, yaitu yang fokus pada 1 keyword.

Cara Membuat Blog SEO Friendly
Source: Pixabay.com
Membidik Keyword ada tipsnya juga. Yang disampaikan oleh Pak Parjono, tipsnya itu:
  • Tentukan keyword apa yang ingin kita bidik
  • Setelah itu, check keyword tersebut
  • Check competition 
  • Terakhir, Re-check keywords. 
Kalau dari yang saya tangkap, setelah mengecek keyword dan mengecek competition keyword (dianjurkan mengambil keyword yang nilai kompetisinya tidak terlalu tinggi) kita akhirnya akan mendapat komposisi keyword yang pas.

Mungkin awalnya keyword yang dibidik adalah 'ciri-ciri alergi susu sapi'. Dengan proses menentukan keyword tadi finally keyword yang pas adalah 'ciri-ciri alergi susu sapi pada bayi'. Well, itu cuma contoh, ya. :D

Jangan Lupakan Heading Tag!

Nah, dalam satu artikel kita sering menemukan subheading. Subjudul seperti dalam artikel ini bermanfaat untuk menata struktur postingan, supaya semakin jelas. Dan keuntungannya bagi blogger adalah, subheading ternyata bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian pembaca. Maka, pintar-pintarlah menulis subheading. Gunakan kalimat yang menunjuk ke poin yang jelas.

Manajemen Gambar yang Perlu

Nah, image memang akan makin membuat artikel kita tampak menarik, nih. Saya sendiri termasuk irit selama ini dalam menambahkan image. Cuma ternyata, image yang tepat bakal menyampaikan pesan lebih cepat ke benak pengunjung.

Masalahnya kalau sudah menyangkut SEO, image pun harus mengandung keyword. Keyword yang tepat. Jadi, ubah kebiasaan memberi nama image itu "foto1.jpg" atau biasanya image yang didapat dari socmed atau messenger, judulnya malah huruf-huruf random. Tulislah seperti "Tes-alergi-susu.jpg". Jangan lupa tanda '-' sebagai pemisah kata.

Mengenai ukuran image, disarankan tidak lebih dari 200kb. Bahkan disarankan juga website tidak mengandung animasi javascript/flash yang akan memperlambat loading. Dan terakhir, tambahkan ALT tag dengan keyword yang tepat.

When content is a king, you should prepare it very seriously!

Optimasi konten yang tepat itu seperti apa?

Usahakan keyword utama itu ada di 100 kata pertama, paragraph tengah, dan di akhir artikel. Panjang artikel minimal 350 kata hingga 1000 kata. Dan tidak lupa, heading H1, H2, H3 seperti yang dijelaskan tadi.

Sebenarnya masih ada lagi materi yang disampaikan. Di antaranya, SEO Tools yang cukup canggih bagi saya, yaitu Google analytics, BRIGHTEDGE (Keyword analytics), MOZ, Screamingfrog (Website crawler) dan Google Search Console.

Wah, saya membayangkan tools tadi sudah complicated duluan. :D

Saya sempat berpikir, yang paling penting dari ngeblog ya, nulis dulu! Namun lambat laun, karena saya juga ingin blog saya terekspos seprofesional mungkin, saya pikir ada baiknya untuk menyediakan waktu mempelajari tools tadi.

Suka dapat pertanyaan seperti 'Alexa ranknya berapa' atau 'DA dan PA blog berapa'? Saya sering, sih. Jadi bagi saya blogging memang bukan cuma tentang berekspresi, tapi juga tentang menjawab audience.

I am a blogger who love my audience :)

Audience kita adalah pengunjung yang dapat link kita dari media sosial kita karena kita yang share link kita sendiri, atau dari orang yang suka artikel kita lalu mereka share di socmed mereka.

Tapi yang terpenting, audience kita adalah mereka yang mengetik kata kunci yang mereka search di Google, lalu Google menampilkan blog kita sebagai jawaban yang mereka cari. Itulah perlunya segala macam tools tadi, untuk membantu kita agar blog kita semakin SEO friendly.

Cara membuat blog SEO friendly sebenarnya tidak susah. Hanya kita perlu berlatih, membiasakan diri dengan aturan-aturan tadi. Sampai kita terbiasa dengan teknik SEO tanpa perlu mencontek lagi. Bayangkan saja ketika website-mu dipercaya Google mengisi halaman pertamanya tanpa perlu pasang iklan!

Comments

  1. Haa, setuju banget. Walaupun aku kadang gak ngerti-ngerti banget tentang SEO tapi ya itu juga penting buat blog gitu. Tipsnya membuat aku menjadi lebih mengerti tentang cara membuat blog SEO friendly.

    ReplyDelete
  2. Membuat blog SEO friendly itu gak gampang. Apalagi masalah tulisan, aku suka gak sabar ngikutin langkah nya satu per satu. Kalau lagi selow aku ikutin, tapi kalau malas ya bablas aja lah hihi

    ReplyDelete
  3. SEO ini penting. Iya, sadar penting sih, Mbak. Tapi sampai saat ini aku masih separo ngasal ngerjain SEOnya. Duh, harus terus belajar lagi nih. Makasih ilmunya ya, Mbak Murni.

    ReplyDelete
  4. Perlu latihan dan membiasakan diri, apalagi kalau tulisan yang dikerjar deadline. Kalau sudah peringkat pertama Google, trafficnya besar sekali yang bisa didapatkan.

    ReplyDelete
  5. Udah lama gak belajar atau utak-atik SEO lagi. Jadi kangen kan..
    Dulu sempat mau fokusin biar page one. Tapi karena lelah, akhirnya mengikhlaskan diri buat jadi blogger curhat yg gak usah main page one. Wkwkkw
    Kalau mau main SEO, katanya di sarankan banget pake wordpress aja kan, ya.
    Blogku udh terlanjur di blogger. Huuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nuri ih, coba jelaskan apa hubungannya wordpress dan blogger dalam hal SEO. Isilah titik-titik di bawah ini :D

      ....

      Delete
    2. Mas Jung bener, Mbak Nuri. Blogspot nggak ada masalah sama optimasi SEO.

      Delete
  6. wow, ternyata file foto-nya pun harus diganti namanya ya... selama ini saya main upload aja tanpa pernah ganti nama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih.. Saya juga baru dibikin engah, sebelumnya sering lupa ngedit. Semua ter-index sama robotnya search engine. hehehe

      Delete
  7. Makasih tips-tipsnyaa..
    Meski praktiknya masih lupa untuk menyiasati tulisan biar ramah SEO.
    Soalnya kalo nulis, udah langsung aja tulis, tapi ngutak-atik biar ramah SEO.
    >.<

    ReplyDelete
  8. Sebagai blogger pemula, aku masih harus banyak belajar tentang SEO. Konsisten menulis menjadi prioritas utama. Semoga blog aku segera bisa 'SEO' :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... Memang, lebih penting mood terjaga koq biar nulis langgeng, Nov. :)

      Delete
  9. iya sekarang saya suka memperhatikan keyword dan SEO kalau nulis. Kecuali paid post biasanya yang copas, sebodo amat lgsg dicopas aja n publish hehe.. :D :D jadi emang ngga sering2 yang model gituan. Selingan saja.

    ReplyDelete
  10. Bener banget mba kita sebagai blogger harus tahu sedikit tentag SEO.. yang penting offpage dan onpage dioptimalkan mba.

    Saya jg baru belajar tentang seo mba tapi masih nyubi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mas. Offpage SEO jangan sampai kelupaan. Ngga kalah top. :)

      Delete
  11. Aku sebenernya ya, males belajar SEO. Anak IPA males belajar ginian, padahal SEO itu eksakta ya sebenernya. Tapi seiring berjalannya waktu, cielah, aku mulai paham walaupun hanya sedikit. Butuh latihan lebih nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, Mahadewi anak IPA, toh? Saya IPS. hehehe

      Delete
  12. Nbak Murni, terima kasih sudah menuliskan yg ttg SEO ini secara terpisah dgn artikel ttg alerginya.
    Itu WS-nya semestinya berdiri sendiri ya, masih banyak yg pengen kutanyain dan satu lagi praktek bareng hehe
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak April. Iya, rasanya kurang nyambung. Tapi yang namanya pesertanya blogger semua, jadi bisa dingertiin juga. hehehe..

      Delete
  13. Wah menarik banger nih, tentang seo. Aku nggak ngerti masalah seo. Tapi tulisan ini membuka pikiranku tentang seo. Dan banyak juga ternyata faktornya ya Mba. Selama ini aku baru maksimalin keyword doang. Sisanya mah belom. Kalo gambarpun cuma sumber doang captionnya. Gaada keyword apaapa ckcckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, perlu dicoba optimasi SEO blognya kalo gitu, Mas. Siapa tau suka. :)

      Delete
  14. Impian banget bisa nangkring di pejwan google.
    Selama ini cuma nyimak materi mangenai SEO ini. Sedikit-sedikit praktek.
    Tapi hari ini dapat ilmu baru lagi dari kak Roos...
    Bahwa foto pun mungkin terindeks sama gugel.

    Terima kasih, kak Roos...

    ReplyDelete
  15. Aku msh blajar bgt ttg SEO. Mau nerapin tp kdg msh males, hehehe

    Utk url, aku udah biasa ngedit pakai kata kunci atau perpendek. Untuk gambar, kdg masih lupa namain sesuai keyword

    ReplyDelete
  16. Views saya msh sedikit. Mgkn SEOnya msh kurang byk. Blajar ttg keyword juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ya, Mbak. Saya juga masih harus membiasakan dan belajar terus. :)
      Oya, makasih udah berkunjung, ya..

      Delete
  17. Bener banget tuh tips & tricknya. Masalah olahan gambar dan segala macamnya harus sesuai dan bagus. Intinya sih rajin rajinlah membuat artikel baru dan share di media sosial biar banyak yang baca tulisan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas Dikki. Saya tertohok, perlu lebih rajin lagi bikin konten blog.

      Delete
  18. Belajar SEO emang asik, apalagi kalo kita bisa provide artikel yang menyajikan informasi yang tepat buat user. Selain gimana caranya bikin konten, SEO bikin kita belajar memasarkan konten juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya makin tercerahkan baca komen Mas Jung, nih. Noted, Mas!

      Delete
  19. Aku belajar SEO tapi ngga pernah tuntas. Perlu belajar lagi supaya bisa bener bener SEO friendly. Ini dapat pencerahan seperti ini senengnya minta ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo gitu saya juga seneng banget, Mas, udah ngangkat tema ini. Ngga nyesel nyimak materinya Pak Parjono. :)

      Delete
  20. Aku udah seringkali nyoba buat belajar SEO, tapi entah aku merasa sulit sekali. Penjelasan di sini cukup masuk sih buatku, cukup mudah kuserap pula. Cuma aku seringkali merasa kalo maksa ngikutin SEO, nanti jadi gak aku banget tulisannya. Nah, di sisi lain, aku pengin kayak blogger lain yang tulisannya muncul di search engine hahahak dilematis banget. Ah, malah curhat. Makasih, ya, Mbak. Aku bookmark, nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. ngerti koq, Tiwi. Saya juga gitu kalau mindsetnya malah bergeser seolah pengen bikin seneng mesin pencari. Caranya kalau saya, ketik natural dulu aja. Yang penting kontennya jelas, idealnya memang usahakan ngebahas 1 poin/fokus pembahasan. Setelah jadi bisa diedit atau ditambahkan keywordnya. :)

      Delete
  21. Makasih ya mba ilmunya...
    Saya main tulis aja biasanya. Foto2 juga..
    Klo ngasih judulnya, dibagian property itu bukan ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Sulis.. :) Oh, maksudnya subjudul (heading tag), ya?
      Edit pakai option yang di atas writingpad-nya, Mbak..

      Delete
  22. Noted!
    Mbak Rosa keren ulasannya, saya save di notepad hahaha..penting banget biar lebih terarah nulis blognya, ngurusin SEO. TFS mbaaakk

    ReplyDelete
  23. Bermanfaat tipsnya, memang perlu dipelajari dan berlatih ya mba

    ReplyDelete
  24. Aaaa....sudah lumayan ngerti soal SEO tapi H1,H2,H3 ituuuuh? Naronya gimana?��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai option yg di atas writingpad-nya blogspot, Mbak. Pilihannya Normal, Heading, Subheading, Minor heading. :)

      Delete
  25. cara cek Check competition gimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai https://moz.com/products/pro/seo-toolbar aja, Mas! :)

      Delete
  26. Masih blm pahan seo dan masih belajar seo

    ReplyDelete
  27. Halo mbak Murni :) Maksih ya tips tentang SEO nya. Aku suka cek DA PA sih dikit2 naik lumayan lah sebagai newbie blogger hehehe. Bisa pasang Google Analytic juga dan suka lihat2 oh seperti ini kenaikan page viewers, judul yang paling top tulisan kita dll. Salam kenal ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Nurul! Wah, keren Mbak Nurul! Salam kenal juga..! ;)

      Delete

Post a Comment


Mau ninggalin jejak tapi ngga punya akun gmail?
Bisa, koq. Pada bagian Comment as silakan pilih Name/URL dan masukkan datamu.

Belum punya URL blog?
Silakan masukan saja URL socmed kamu. Beres.

All comments are in moderation.
Terima-kasih! :)