5 Cara Memprediksi Cuaca dengan Mudah Tanpa Teknologi Canggih

memprediksi cuaca dengan tingkah laku hewan
Img: Cray.com


“Wah, hari ini kira-kira bakal hujan ngga, ya?” 

Kalau kamu punya kemampuan meramal cuaca, pastinya pertanyaan tersebut sudah nggak akan kamu lontarkan lagi. Memprediksi cuaca memang sangat diperlukan ketika kamu sedang traveling, camping, mendaki gunung, naik sepeda, atau kegiatan di luar ruangan lainnya.

Sebenarnya mudah juga kok untuk memprediksinya tanpa peralatan canggih dan modern. Berikut ini cara untuk memprediksi cuaca dengan mudah:

Memperhatikan Perilaku Hewan-hewan 

Hewan dianggap paling peka untuk mengetahui berbagai tanda-tanda alam di sekitarnya, termasuk memprediksi cuaca. Maka dari itu, banyak orang percaya, bahwa dengan mengamati perilaku beberapa hewan, kita juga bisa tahu akan kemungkinan terjadinya sesuatu, misalnya aja bahaya ataupun bencana alam. Pernah dikasih tahu orang desa, bahwa hewan peliharaan mereka akan bertingkah aneh kalau gunung akan meletus? Misalnya kalian yang mempekerjakan seorang mbak dari kampung jadi asisten RT?

Namun kamu jangan salah mengamati binatang.. Karena setiap binatang memiliki karakteristiknya tersendiri yang bisa membantu kamu memprediksi cuaca:
  • Katak. Jika akan terjadi hujan badai, biasanya binatang amfibi ini akan berbunyi lebih nyaring dan keras dari biasanya.
  • Burung. Mungkin kamu pernah secara ngga sengaja melihat kawasan burung terbang rendah? Nah, jika hal tersebut terjadi, maka kondisi cuaca sedang tidak bersahabat. Hal ini terjadi karena tekanan udara ketika cuaca buruk akan membuat mereka terasa sakit jika berada di ketinggian.Namun sebaliknya, jika kawanan burung terbang tinggi maka cuaca sedang cerah.
  • Sapi. Jika sapi terlihat gelisah dan mulai menggoyang-goyangkan ekor mereka seolah untuk mengusir lalat, itu artinya para sapi tersebut sedang merasakan akan terjadi cuaca buruk.
  • Lebah dan Kupu-kupu. Saat kawanan lebah dan kupu beterbangan di sekitar bunga, itu artinya cuaca sedang cerah. 
  • Semut. Kawanan semut membuat sarang lebih tinggi dari biasanya, kemungkinan itu pertanda datangnya cuaca buruk. Para semut melakukan hal demikian, untuk mempersiapkan diri menghadapi datangnya cuaca buruk tersebut.

Merasakan arah angin 

Cara selanjutnya adalah merasakan arah angin. Jika kamu tidak dapat merasakan arah angin, kamu bisa melemparkan sehelai atau beberapa rumput ke udara dan lihatlah ke arah mana rumput itu terjatuh. Angin kencang memang  mungkin saja menjadi tanda gelombang badai. Dan kamu tentu berharap mengetahuinya lebih awal, bukan?

Di hotel murah di Bali, saat kamu berlibur nanti, kamu bisa mencoba untuk memprediksi cuaca degan cara-cara tadi buat memprediksi cuaca.

Amati embun di rumput pada pagi hari 

Oya, ada juga cara alami lain yaitu mengamati embun. Kalau kamu mengamati rumput sedang kering, kemungkinan ini menunjukkan awan dan angin kencang, yang menandakan hujan akan datang. Namun apabila terdapat embun, kemungkinan tidak akan hujan pada hari itu. Tapi yang perlu kamu ingat, jika ada hujan di malam hari, metode memprediksi cuaca dengan embun ini tidak bisa digunakan.

Mengamati jenis awan 

Pasti cara yang satu ini secara tidak sadar sering kamu gunakan untuk memprediksi cuaca. Yup, memang secara umum, awan putih dan tinggi menandakan cuaca yang baik. Sedangkan, awan yang gelap menandakan akan segera turun hujan ataupun badai. Namun ternyata terdapat beberapa jenis awan lagi, yang bisa membantu kita untuk lebih mudah memprediksi cuaca.

Awan cumulonimbus, misalnya. Misalnya pada pagi hari, awan ini terus bertambah banyak sepanjang hari, maka ada kemungkinan cuaca sedang memburuk.

Lalu awan mammatus. Keberadaan awan yang terbentuk dari udara yang tenggelam ini bisa menjadi penanda bahwa sebentar lagi akan terjadi badai parah ataupun ringan.

Sementara, awan cirrus atau yang terkenal dengan julukannya “ekor kuda betina”. Awan ini terbentang tinggi di langit seperti pita panjang. Kalau kamu menemukan awan ini saat mengamati langit, bisa jadi cuaca buruk akan segera datang dalam 36 ke depan.

Hal yang sama juga berlaku kalau kamu menemukan awan altocumulus, yang dengan rupa seperti sisik ikan tenggiri.

Sementara, pola awan seperti sisik ikan dan juga ekor kuda betina yang muncul bersamaan di langit, bisa jadi menandakan bahwa keesokan hari akan turun hujan.

Selanjutnya awan nimbostratus. Awan ini tergantung rendah dan berat di langit, yang menandakan akan hujan sebentar lagi.

Mengamati langit merah 

Eits, jangan anggap remeh langit merah. Pasalnya jika kamu melihat langit merah menjelang matahari terbenam hadir di arah barat), artinya terdapat tekanan udara tinggi dengan angin kering yang menggerakkan partikel debu di udara. Hal itulah yang menyebabkan langit terlihat berwarna merah. Jika kamu melihat langit merah pada kondisi tersebut, maka menandakan cuaca akan cerah.

Sedangkan hadirnya langit merah di pagi hari yang hadir di bagian timur, di mana matahari terbit. Hal tersebut menandakan bahwa udara kering sudah bergerak melewati kamu.

Kondisi ini menandakan tekanan udara rendah yang sedang menuju daerah tersebut akan membawa uap lembab. Kondisi seperti ini sangat tidak disukai oleh para nelayan karena biasanya badai akan datang.

Nah, itu tadi beberapa cara mudah untuk memprediksikan cuaca dengan melihat kondisi yang ada di sekitar kamu.

***

Untuk kamu yang masih bingung mencari harga tiket pesawat murah di mana, kamu bisa menemukannya di Reservasi.com.

Tak hanya ada tiket pesawat murah, namun ada juga hotel murah di Bali serta kota-kota lainnya yang bisa kamu pesan di Reservasi.com.

Comments

  1. Mulai sekarang harus rajin nih lihat perilaku hewan. Apalagi cuaca lagi gak menentu. Paginya bisa panas, sore tiba-tiba hujan deras.
    Nice info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haii.. thanks udah nyempetin baca, Kak Glentina. :)

      Delete

Post a Comment

Mau ninggalin jejak tapi ngga punya akun gmail?
Bisa, koq. Pada bagian Comment as silakan pilih Name/URL dan masukkan datamu.

Belum punya URL blog?
Silakan masukan saja URL socmed kamu. Beres.

All comments are in moderation.
Terima-kasih! :)

Popular Posts