5 Cara Nyaman Membuat Otak Sehat

Tahukah Anda, terlalu lama duduk di kursi rapat sambil berdiskusi hal yang cukup berat dapat membuat otak bekerja dengan keras? Tapi bagaimanapun Anda harus bersyukur. Dengan berpikir keras, tandanya ada jalinan syaraf baru yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif otak. Hal itu menandakan bahwa Anda sedang olahraga otak.

Selain berdiskusi hal yang cukup berat tersebut, sebenarnya masih ada lagi yang bisa membuat otak berolahraga. Tentunya cara-cara ini lebih nyaman dilakukan dibanding meeting. Nah, ingin tahu kan, apa saja? Yuk, kita simak!

Pexels.com

Bermain Puzzle 

Puzzle atau teka teki silang dikenal sebagai cara yang tepat untuk mengasah otak, terutama otak kiri. Jika Anda sudah terbiasa bermain puzzle atau TTS, tambahkan tingkat kesulitannya agar otak lebih berpikir keras menyelesaikan pekerjaannya. Untuk menyeimbangkan otak kiri dengan otak kanan, pilih juga permainan yang membuat Anda berpikir kreatif. Misalnya seperti board games yang memiliki beberapa strategi seru.

Bermain Musik 

Selain bermain games, bermain musik juga mampu meningkatkan kemampuan otak, lho. Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang bermain alat musik bisa merespon suara dan bahasa lebih baik. Mereka yang bermusik pun cenderung mengalami proses penuaan otak yang lebih lambat.

Latihan fisik 

Latihan fisik disinyalir dapat meningkatkan kesehatan otak, karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Salah satu contoh aktivitas fisik yang dapat dilakukan adalah latihan aerobik. Jika dilakukan secara konsisten selama 45 menit, dapat memberi manfaat yang besar bagi otak.

Membaca 

Selain dapat memperluas wawasan, membaca juga dapat melenturkan otot-otot yang ada di dalam otak. Bacaannya tidak harus yang berat dengan aneka informasi. Bacaan yang isinya ringan seperti majalah dan komik pun turut membantu melenturkan otot otak. Tak hanya itu, membaca pun dapat membantu membangun cadangan kognitif untuk menunda timbulnya demensia.

Belajar Bahasa Asing 

Salah satu studi menemukan, bahwa penggunaan beberapa bahasa ternyata dapat meningkatkan pasokan darah ke otak untuk menjaga kesehata jalinan syaraf. Jadi dengan memperkaya bahasa, kita turut membuat otak kita terstimulasi berolahraga.

Comments

Popular Posts