Dulu Ketombe, Sekarang Rambut Kering

Img: From Pexels
Pernah mengalami gangguan pada kulit kepala atau rambut? Lalu gimana caramu mengatasinya?
Hm... Kalau saya boleh sok tahu, waktu ketombean sekarang orang akan mengetikkan di ponsel secara otomatis: cara menghilangkan ketombe sambil menahan rasa gatal di kepala. Harapannya untuk segera mendapatkan solusi jitu. Ketombe memang sangat mengganggu. Baik kita sedang di bawah panas terik atau di dalam ruangan ber-AC sekalipun. Bukan cuma gatal di kepala, tapi malunya itu, lho! Garuk-garuk nggak tahan, lalu menemukan serpihan yang nggak diinginkan. :(

Well, kalau yang pernah saya alami, waktu kepala berketombe saya malah langsung keinget tips & trik kecantikan di majalah remaja jadul. Haha! Masalah ketombenya telat datang. Tapi tips majalah remaja lama itu masih menempel di ingatan saya.

Sayapun segera melakukan tips majalah itu pas lunch break; kulit kepala dioles pakai kapas yang dibasahi alkohol 70%, lalu sorenya di rumah keramas dengan air bersih dan shampoo anti ketombe yang cocok. Gara-gara pengalaman nggak menyenangkan itu saya makin memperhatikan kebersihan air yang saya pakai. Karena setelah saya amati, kemungkinan penyebab ketombean itu adalah sumber air dari pompa tanah. Waktu itu memang sempat keruh. *hikss*

Untungnya, saya nggak hobi pakai hair dryer atau catok. Soalnya ternyata alat-alat itu juga bisa bikin rambut dan kulit kepala nggak fresh, lho. Nah, para penggemar catokan dan hair dryer mestinya juga gemar hair treatment seperti memasker rambut, untuk mengembalikan vitalias rambut dan kulit kepala.

Dulu Masalah Ketombe, Sekarang Masalah Rambut Kering

Well, lain dulu lain sekarang. Masalah ketombe sudah lama lewat, saya sekarang merasa helai rambut saya kadang kering. Dan setelah membaca cara mengatasi rambut kering, saya baru engah keringnya rambut saya karena saya terlalu cuek ke luar rumah siang panas tanpa topi atau payung. Kebiasaan dari dulu yang harus saya ubah. Masih mending saya jarang-jarang keluar rumah siang hari. Akhirnya sayapun rajin pakai shampoo yang lembut.

Well, saya merasa dapat insight: rupanya kesehatan badan dan penampilan luar saling terkait. Jadi manfaat air putih yang cukup bukan untuk pencernaan saja, tapi untuk kulit dan rambut juga. Begitu juga nutrisi buah dan sayuran. Artinya, menjaga kesehatan dan penampilan itu nggak ribet bagi yang sudah biasa. Toh kita tahu, kesehatan dan penampilan memang aset penting untuk masa depan di samping skill dan yang lainnya. Kamu sepakat, nggak?

Img: Pixabay

Comments

  1. Aku sepakat banget Mba.. Buat aku yang berhijab meskipun rambut tidak terlihat, tapi masalah rambut tuh beneran ngeganggu banget.. Ngatasin masalah rambut tuh bukan cuman dari produk yang kita pake, tapi juga harus diiringi dengan gaya hidup sehat sesimple minum air putih dan makan buah :)

    ReplyDelete

Post a Comment


Mau ninggalin jejak tapi ngga punya akun gmail?
Bisa, koq. Pada bagian Comment as silakan pilih Name/URL dan masukkan datamu.

Belum punya URL blog?
Silakan masukan saja URL socmed kamu. Beres.

All comments are in moderation.
Terima-kasih! :)

Popular Posts